Kementrian Pariwisata Indonesia yang Mulai Serius Promosi ke Korea Selatan

Ada suatu hal yang bisa dibilang menjadi salah satu kunci keberhasilan Kpop bisa sukses menyebar ke seluruh dunia. Hal tersebut ialah keserius dan konsisten, serta jangan berharap hasil akan datang secara cepat.

Setidaknya itu yang dilakukan oleh industri dunia hiburan di Korea Selatan. Berbicara mengenai musik, kini Kpop menjadi salah satu yang diperhitungkan pada industri musik dunia. Kita bisa lihat, situs musik seperti Billboard 100 saja semakin sering memasukkan artikel-artikel mengenai musik Kpop. 

Berkat musik Kpop juga-lah, kini Korea Selatan juga semakin laris menjadi negara tujuan wisata. Mungkin kalian bisa sebutkan, sudah beberapa banyak teman "per-Kpop-an" yang sudah jalan-jalan ke Korea Selatan. Tentu saja efek seperti ini didapat berkat keseriusan dan konsistensi mereka menyebarkan Kpop dalam beberapa tahun belakangan ini.

Berbicara mengenai keseriusan, kita sebagai warga negara Indonesia bisa sedikit tersenyum karena Kementrian Pariwisata mulai terlihat serius untuk mempromosikan Indonesia ke Korea Selatan. 

Melalui rilis resminya pada bulan Desember lalu, Kemenpar mengaku siap membawa kembali artis-artis Kpop berkat kesuksesan mereka membawa 16 artis Kpop dan drama Korea ke Manado untuk syuting film Reality Show berjudul "Law of the Jungle in Manado". 
Asdep Pengembangan Pemasaran Asia Pasifik Kemenpar, Vinsensius Jemadu mengungkapkan, ”Kami sudah melakukan pembicaraan dengan pihak (SBS) Seoul Broadcasting System agar mereka kembali syuting sinteron maupun reality show-nya dengan keindahan latar belakang Danau Toba, Pulau Komodo atau Mandeh Sumatera Barat. Semoga bisa terelisasi dan berdampak hebat untuk ketiga daerah tersebut dan pariwisata Indonesia. Ini kami lakukan setelah kami sukses melakukan di Manado."

Dan sepertinya janji tersebut akan menjadi kenyataan. Belakangan kita ketahui SBS Law the Jungle siap kembali datang ke Indonesia tepatnya ke Pulau Sumatra. Mungkin setelah kunjungan ke Sumatra, selanjutnya para artis Kpop ini akan mgunjungi keindahan alam yang lebih spektakuler lagi di Pulau Komodo.

Jika menyebutkan kata Indonesia kepada orang Korea Selatan mungkin yang terbayang hanya Bali, mengingat belakangan banyak artis-artis yang berlibur, melakukan sesi majalah, hingga berbulan madu seperti Rain dan Kim Tae Hee ke Pulau Dewata. Namun, kita tentu harapakan dukungan pemerintah seperti yang Kemenpar lakukan untuk terus mempromosikan wisata Indonesia terus dilakukan serius dan berjalan konsisten, agar tidak hanya Bali, namun daerah-daerah lain khususnya dan Indonesia menjadi negara yang setidaknya diketahui oleh orang-orang Korea.

Jika berjalan sukses, mungkin bisa terjadi hal-hal membanggakan berikut ini: Akan ada drama Korea dengan setting kota-kota di Indonesia, lalu Indonesia menjadi negara langganan semua artis Kpop yang melakukan konser (layaknya Jepang atau Thailand) hingga acara seperti MAMA dapat dilakukan di Indonesia.

Kembali lagi, semua itu bisa terwujud jika terus dilakukan secara serius dan konsisten.


(Sumber: Facebook Kementrian Pariwisata)

No comments:

Post a Comment

More about